'inong' pages

Rabu, 16 Juli 2014

Polygonal Lasso Tool

Assalamu'alaikum dear reader,
this time I'm back with another photoshop tutorial: How to Change Your Picture's Backgroud. Actually, it is almost same like Quick Mask Mode, but this time I'm using the lasso tool.
I'm using Photoshop 7.0 as usual. I don't know, I'm just too lazy to move on to Photoshop CS -_-' But basically, they are almost same.
I'm gonna explain how to do it in Bahasa.

1. Buka foto yang ingin kamu ganti latar/background-nya (Gambar 1). File > Open.

2. Buka juga gambar yang akan menjadi latar penggantinya (Gambar 2), pastikan ukurannya sama atau lebih besar. Jika ukurannya lebih besar, gunakan Crop Tool untuk memotongnya.

3. Klik tombol Maximize Gambar 1 dan perbesar tampilan (tingkatkan jumlah presentase pada kotak Navigator). Selanjutnya, kita akan menandai area yang akan diganti (background hijau pada Gambar 1). Klik Lasso Tool > Polygonal Lasso Tool.


4. Setelah itu, kita ubah area yang ditandai dengan mengklik Select > Inverse.

5. Gunakan Move Tool untuk memindahkan area yang sudah ditandai ke Gambar 2. Just Drag and Drop.


DONE! (^_^)
Bagian yang agak "tricky" adalah saat menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk menandai area pada gambar. Untuk menandai gambar yang memiliki lebih banyak unsur garis lurus aku menggunakan teknik ini. Sedangkan untuk gambar yang memiliki lebih banyak unsur curves/garis lengkung aku menggunakan Quick Mask Mode. Biasanya sih gabungan keduanya hehe.
Untuk pertanyaan, kritik, atau saran bisa dengan menulis di kolom Comment ya :)
Okay, semoga bermanfaat!
Wassalamu'alaikum,
Reni

1 komentar:

Luqman Hakim mengatakan...

Good information. But unforenately, photoshop is still strange for me :)

luqman-creation.blogspot.com