'inong' pages

Senin, 30 April 2012

Quick Mask Mode

Well, karena beberapa orang terus menanyaiku bagaimana cara mengedit foto seperti fotoku (foto pertama) di postingan Lately I'm in a pinky mood :), kali ini aku akan membahas tentang cara meng-edit foto itu menggunakan Photoshop 7.0.

1. Buka foto yang akan kamu edit. Aku menggunakan dua buah foto.

2. Dibagian bawah Toolbox, kamu akan menemukan 2 tombol. Tombol hijau untuk "Edit In Standard Mode" dan tombol merah untuk "Edit in Quick Mask Mode".
Sekarang kita akan memilih foto pertama untuk menerapkan Quick Mask Mode.

3. Klik dua kali tombol merah "Quick Mask Mode". Setelah itu akan muncul kotak Quick Mask Mode. Klik "Selected Areas". Tampilan awal warna adalah merah dengan "Opacity" 50%. Kamu bisa menggati warna dan opacity-nya. Namun yang akan aku gunakan sekarang adalah warna merah dengan "Opacity" 70%.
Klik tombol hijau "Edit in Standard Mode" untuk melanjutkan.

4. Untuk memudahkan, klik "Magic Wand" dan tandai area yang kamu inginkan. Kamu dapat menandai banyak area dengan menekan tombol Shift sambil meng-klik area yang akan kamu tandai.

5. Klik "Quick in Mask Mode" kembali. Tampilan gambar akan menjadi seperti gambar di bawah.

6. Gunakan "Brush Tool" untuk merapikan penandaan. Area yang kamu tandai adalah daerah yang berwarna merah dengan opacity 70%. Untuk menandai area yang belum ditandai, warnai area tersebut dengan "Brush Tool", tapi pastikan bahwa "Foreground Color" berwarna hitam. Untuk menghapus area yang telah kamu tandai, gunakan "Brush Tool", tapi pastikan bahwa "Foreground Color" berwarna putih. Gunakan tombol "Switch" (berbentuk panah) untuk mengganti "Foreground Color". Hasil setelah dirapikan akan seperti ini.

7. Klik "Edit in Standard Mode" kembali dan buat kanvas baru dengan meng-klik File > New. Ukuran yang digunakan sesuai keinginan kamu. Lalu warnai kanvas itu dengan warna yang kamu inginkan, tekan tombol Alt+Del.

8. Setelah itu, gunakan "Move Tool" untuk memindahkan area yang telah kamu tandai pada gambar pertama ke kanvas baru.

9. Lakukan hal yang sama pada gambar kedua sehingga hasilnya akan seperti ini:

10. Simpan dengan menekan tombol Shift+Ctrl+S. Pilih format JPG - JPEG dan save.
Hasil akhir:

Mungkin cara di atas terlihat "agak merepotkan" dan berputar-putar. Tapi cara itulah yang aku gunakan. Untuk pemula di Photoshop 7.0, dapat menggunakan cara lain untuk mengedit seperti itu namun hasilnya mungkin tidak akan serapi menggunakan cara di atas. Cara lain itu adalah dengan menggunakan "Magnetic Lasso Tool" yang ada pada Toolbox (klik kanan pada "Lasso Tool") untuk menandai area yang akan dipindahkan.

Yak, sekian! Ini adalah tutorial perdanaku. Jadi, maaf jika instruksinya kurang jelas atau membingungkan. Aku harap kalian memberikan respon (saran/kritik/pertanyaan) kepadaku untuk perbaikan kedepannya. Terima kasih (^_^)

Tidak ada komentar: